Beberok Cs

Udah baca Beberok kangkung belum? kalau belum lihat disini.
yup, beberok cs (crew system) pastinya yang saya sebutkan di artikel sebelumnya. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberok-beberok tersebut. 

Oya, bahan untuk membuat sambal beberoknya sama saja yakni cabai rawit, garam, terasi, micin, tomat, dll seperti yang saya jelaskan di artikel sebelumnya, hanya kangkung dan taugenya diganti dengan timun, paok, terong, antap. pencok geranggang, dan rumput laut.
  • Beberok Terong
Beberok terong ada tiga jenis, yakni menggunakan terong ungu, terong bulat hijau dan terong ungu bulat. Untuk terong ungu bulat dan terong hijau bulat, cukup dengan mengirisnya tipis atau sesuai selera kemudian dicampurkan dengan sambal beberok. Kalau terong ungu, biasanya dibakar hingga kecoklatan dan lemas, setelah itu dipotong tipis kemudian dicampurkan dengan sambal beberok.



  • Beberok paok
Paok dalam bahasa Indonesia ialah mangga, mangga yang digunakan adalah mangga muda. Potong kecil-kecil dan memanjang kemudian campurkan dengan sambal beberok.
  • Beberok timun
Timun segar iris tipis atau sesuai selera kemudian campurkan dengan sambal beberok.



  • Beberok Antap
Antap dalam bahasa Indonesia ialah kacang panjang. Iris melintang kacang panjang yang masih segar kemudian campurkan dengan sambal beberok.



  • Beberok pencok geranggang
Geranggang ialah salah satu jenis rumput laut dalam bahasa sasak. Biasanya pencok geranggang ini banyak dijual di pasar-pasar traditional Lombok, saya kurang tahu kalau di luar Lombok. Iris tipis geranggang atau sesuai selera dan campurkan dengan sambal beberok.



  • Beberok Rumput laut
Bersihkan rumput laut dari kotoran kemudian campurkan dengan sambal beberok.



  • Beberok teri
Kalau menurut saya, sebaiknya Anda menggunakan ikan teri yang kecil-kecil itu, karena lebih renyah lebih nikmat. Goreng ikan teri hingga renyah dan campurkan dengan sambal beberok.

Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan bahan di atas, misalkan beberok timun dengan antap dll, tergantung selera Anda. Selain nikmat, makanan di atas tentu memiliki gizi yang baik dan menyehatkan badan. 

Nah, itu dia Beberok cs yang uuenaak khas Lombok. Thanks for visit ^_^


Komentar

Postingan Populer