Si Dingin yang Mempesona

Kata dingin jika diberikan kepada seseorang tentu orang lain akan membayangkan sifat yang jauh dari kata ramah, sinis, pendiam, dan cepat emosi. Lain halnya jika julukan tersebut diberikan kepada suatu daerah. Pasti yang terbayang ialah putihnya salju dan es yang ada di Kutub atau Pegunungan-pegunungan yang menjulang tinggi.

Sembalun, desa yang terletak di kawasan Gunung Rinjani ini tentu tidak asing di telinga warga lokal khususnya Lombok Timur. Terutama bagi para remaja dan orang dewasa yang senang berpetualang. Perjalanan menuju Sembalun sangat mempesona, sepanjang jalan kita akan melihat hutan hijau yang indah dengan sinar matahari menyelip diantara lebatnya pepohonan. Jalannya yang curam memberikan sensasi tersendiri bagi para wisatawan. 

Terdapat dua tempat peristirahatan di jalan menuju Sembalun. Tempat pertama yakni berupa Berugak yang lumayan besar, dan jika kita masuk ke dalam hutan yang ada di belakang Berugak tersebut maka kita akan menjumpai sebuah mata air yang disebut Aiq Kalak. Warga setempat biasa menggunakannya sebagai tempat pemandian yang konon katanya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Tempat peristirahatan yang kedua terletak di puncak jalan menuju Sembalun, disebut Pusuk. Di Pusuk terdapat dua buah berugak yang di gunakan pedagang untuk menjajakan makanan dan minuman hangat. Mereka juga menjual buah stoberi yang masih segar-segar. 

Setelah turun dari pusuk, kita akan tiba di Desa Sembalun, di desa ini banyak masyarakatnya yang berkebun stroberi untuk dijual kepada wisatawan. Beberapa perkebunan memberi wisatawan untuk memetik langsung buah stroberi dari pohonnya. Di sinilah letak asiknya desa ini, memetik buah stroberi dengan background pegunungan yang indah dan udara dinginnya, sungguh woow ! \(^o^)/

Masyarakat desa ini sangat menjaga apa yang mereka miliki, terlihat dari rumah-rumah adat dan makam leluhur yang masih asri. Terdapat juga kawasan Tradisional Desa Sembalun yang menyuguhkan pemandangan masa lampau di daerah ini.

Pemandangannya yang luar biasa tentu harus kita abadikan, baik budayanya maupun alamnya. Utamanya bagi remaja narsis yang ingin membuat kagum teman-temannya *huehehe :D 

Galeri Foto Sembalun









Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer