#AksiSehatCeria untuk Jiwa dan Raga Kita


“Kamu cantik/ganteng deh, tapi sayang BB kamu berlebih”, “Kamu bakal keliatan cantik/ganteng banget kalo diet” “Kamu diet geh, biar banyak yg naksir” bla bla bla bla...

Ada yang pernah mendapat pertanyaan-pertanyaan seperti itu? Kalau iya, kita sama kok :’)
Pada zaman sekarang, banyak dari teman-teman kita, atau bahkan terkadang kita sendiri yang tidak sadar betapa sensitifnya jika membicarakan fisik seseorang. Fisik yang kita punya pada dasarnya adalah pemberian Tuhan, jadi memang sudah sewajarnya kita jaga dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Lalu, apa hubungannya berat badan dengan pola hidup sehat?”

Sebelumnya perlu diingat, banyak dari kita salah mengartikan diet sebagai “mengurangi asupan makanan”, padahal pengertian yang tepat tentang diet adalah “mengatur pola makan”. Pola makan kita tentu mencerminkan pola hidup yang kita jalani. Seseorang yang memiliki pola makan tidak teratur, misalnya tidak makan tepat waktu atau makan terlalu banyak akan berdampak terhadap kesehatannya, dalam hal ini dapat mengakibatkan kekurangan gizi ataupun obesitas. Hal tersebut akan diikuti dengan resiko penyakit-penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan lain-lain. Sehingga sangat penting untuk menjaga pola makan kita untuk menunjang pola hidup sehat.

sumber : freepict.com

“Aku pengen banget mulai hidup sehat, tapi...bingung mulai dari mana 😡

Nah, kalau ada yang bingung nih, yuk baca artikel ini sampai akhir.
Memulai pola hidup sehat tidaklah susah. Hal pertama yang kalian harus tanamkan dalam diri kalian ialah “betapa pentingnya kesehatan”. Apalah arti materi yang banyak, jika tubuh kalian sakit-sakitan, dan tidak selamanya uang dapat menjamin tingkat kesehatan kalian. Kesehatan itu didapatkan dengan cara manual dan tidak bisa instan.

Saran dari saya, pola hidup sehat bisa mulai diterapkan dengan melakukan hal-hal berikut :


sumber : freepict.com
1. Waktu tidur yang cukup
    Idealnya, orang dewasa dikatakan memiliki waktu tidur yang cukup jika tidur selama 7 jam. Tidur  merupakan siklus alami tubuh manusia. Ketika tidur, tubuh kita meminimalisir energi yang terpakai, dan sebagian energi lainnya digunakan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Tidur yang cukup juga salah satu rahasia mendapatkan kulit yang sehat, karena saat tidur sel-sel pada kulit melakukan regenerasi.


sumber : freepict.com
2. Pola makan teratur dengan gizi seimbang
   Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, seseorang yang memiliki pola makan yang buruk, akan berdampak buruk pula terhadap kesehatannya. Namun yang tidak kalah penting ialah gizi dari makanan yang masuk ke tubuh kita. Makanan yang “kotor” dalam artian mengandung lemak jahat berlebih yang biasanya ada pada makanan yang digoreng secara deep fry, dapat mengakibatkan tingginya kolesterol dan menimbulkan resiko penyakit jantung.
    Pola makan yang baik juga harus mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori yang masuk, sebaiknya sama dengan kalori yang keluar. Jika kalian memiliki aktivitas yang padat dan intens (mengeluarkan banyak energi/kalori) maka harus diiringi dengan pola makan yang tepat (masukan energi/kalori yang sama banyak dengan energi/kalori yang keluar). Menjaga keseimbangan kalori tubuh merupakan hal yang penting, utamanya untuk menjaga berat badan tetap ideal. “Bagaimana cara mengetahui kalori yang dibutuhkan tubuh kita?”  Yuk cek aja di Dokter Sehat, kita bisa cek Indeks Massa Tubuh (BMI), dan juga kebutuhan kalori harian secara online.


sumber : freepict.com
3. Olahraga secara teratur
Tubuh kita pada dasarnya membutuhkan pemanasan untuk meningkatkan daya tahannya. Selain itu, toksik yang ada pada tubuh, akan keluar bersamaan dengan keringat saat melakukan olahraga. Olahraga berupa cardio sangat baik untuk jantung, dimana aktivitas ini dapat memacu denyut jantung yang dapat meningkatkan aliran darah menjadi lebih cepat keseluruh tubuh. Sehingga tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat.



4.  Rekreasi
Raga yang sehat, tentu didukung pula dengan jiwa yang sehat. Ingat, kesehatan yang harus kita jaga bukan hanya fisik, tetapi juga kesehatan mental. Melakukan rekreasi dengan cara mengunjungi tempat-tempat baru, ataupun bermeditasi di tempat yang tenang dapat meningkatkan kualitas mental kita. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak dengan harus pergi ke luar pulau atau semacamnya, aktivitas bercengkrama dengan keluarga ataupun teman di taman komplek rumah pun bisa dihitung sebagai rekreasi atau quality time yang dapat menunjang kesehatan jiwa kita.


Selain faktor dari dalam diri kita, ada juga faktor luar yang dapat membantu meningkatkan pola hidup sehat yang kita jalani, yaitu donor darah. Beberapa manfaat donor darah ialah meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan berat badan, meningkatkan psikologis dan berbagai manfaat lainnya.

Melakukan pola hidup sehat dapat menunjang kesehatan jiwa dan raga. Hal yang paling mahal di dunia ialah kesehatan. Jadi, jaga hal tersebut dengan menerapkan pola hidup sehat ya teman-teman.

Yuk share artikel ini untuk saling mengingatkan akan pentingnya pola hidup sehat. 😄

Komentar

Postingan Populer