"Jerman"nya Lombok

Air terjun merupakan salah satu objek wisata yang digemari oleh para wisatawan. Deru air yang jatuh dan percikan-percikannya memberikan fantasi tersendiri bagi tiap-tiap orang.

Di Lombok, ada beberapa air terjun yang terkenal yaitu Air terjun Sendang Gile, Air terjun Benang kelambu dan Air terjun Benang Setokel. Air terjun yang saya sebutkan tadi terletak di Lombok Tengah dan Lombok Utara. Khusus untuk Lombok Timur terdapat air terjun yang bernama Jeruk Manis dan sering disingkat menjadi JerMan, supaya keren kali ya ^_^. Nama jeruk manis diberikan karena dulunya tempat ini banyak terdapat pohon jeruk yang berasa manis.

Air terjun jeruk manis berada di desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur dan terletak di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani pada ketinggian 600-1000 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara antara 15'-25' C. Jadi suasanya pun tak jauh dari kata hutan hijau yang masih alami.
Untuk ke kawasan ini, Anda akan menempuh 2 rute. Rute pertama dengan menggunakan kendaraan yang berjarak kurang lebih 49 km atau sekitar 1,5 jam perjalanandari kota Mataram. Anda dapat menempuhnya melewati Jalur Mataram-Sikur-Kembang Kuning. Rute Kedua anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km dari gapura tempat penitipan motor hingga ke air terjun itu sendiri. Anda akan melewati jalan setapak di tengah rimbunnya pepohonan dan semak-semak yang sudah ditata rapi untuk kenyamanan wisatawan. Tidak ada fasilitas pendukung yang dibangun di tempat ini karena masih termasuk dalam kawasan konservasi Taman Nasioanal Gunung Rinjani, hanya dua pos peristirahatan yang akan kita temui. 


Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang sangat menakjubkan. Sesekali Anda akan melihat monyet-monyet liar yang berlompat-lompatan di atas pohon.
Ketika Anda mendengar deru air jatuh yang besar, maka Anda sebentar lagi akan sampai ke air terjun jeruk manis. Cukup melelahkan memang, namun ketika anda telah sampai di Air terjun ini, rasa lelah Anda akan hilang seketika oleh segarnya percikan air yang jatuh mengenai kolam kecil yang tepat di bawah air terjun.

Untuk ke bawah air terjun ini, Anda harus melewati batu-batu yang cukup besar dengan alirang sungai di bawahnya. Tetaplah berhati-hati agar Anda tidak terpeleset. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, tentu tempat ini perlu diperhitungkan menjadi salah satu tujuan Anda :)
Enjoy the picture :3
"jalan setapak ketika melewati hutan"



JerMan Waterfall

Jadi, kalau Anda punya planing ke Lombok, jangan lupa mampir di air terjun ini yaa ! Jangan lupa mampir di Lombok Timur ! ^_~

Komentar

Postingan Populer