Asal usul Lombok dan Suku Sasak

Sebelumnya saya telah berbagi foto sudut-sudut Lombok yang mungkin tidak terlalu menjelaskan Lombok secara keseluruhan. Akan lebih baik jika saya membahas tentang asal usul Lombok itu sendiri.
Nama Lombok diambil dari kata Lombo' -> Lomboq -> Lombok yang berarti Lurus.
Suku Sasak merupakan suku asli dari pulau Lombok, menurut beberapa pendapat kata "sasak" diambil dari :
  1. Bahasa Sanskerta yaitu Sahsaka (Sah = pergi dan Saka = asal), jika dibaca langsung Sahsaka memiliki arti rakit dari bambu. Jika digabungkan maka suku Sasak berasal dari orang yang pergi dari daerah asalnya menggunakan rakit dari bambu.
  2. Berasal dari kata Tembasaq (berupa kain yang berwarna putih), pengulangan dari kata tersebut ialah Saqsaq = Sasak.
  3. Berasal dari kata Seksek yang berarti hutan belantara atau semak belukar, karena pada awal ditemukannya, pulau lombok berupa hutan belantara.
  4. Ada juga pendapat bahwa kata Sasak dan Lombok menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, yakni berasal dari kata Sa'sa' Lombo' yang berarti Satu-satunya kelurusan. Kata Sa' = satu dan Lombo' = Lurus. 
Budaya yang terdapat di Pulau Lombok dengan beragam bentuk dan kegunaanya tidaklah ada dengan sendirinya. Berbagai proses akulturasi telah mengiringi perajutan budaya di Lombok. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari pengaruh dan sepak terjang berbagai kerajaan yang pernah datang ke pulau Lombok.
Kedatangan mereka bukan hanya ingin memperluas daerah kekuasaan, melainkan menyebarkan agama dan kebiasaan-kebiasaan mereka. Kerajaan-kerajaan itu diantaranya Kerajaan Karang Asem (Bali), Kerajaan Majapahit (Jawa), Kerajaan Goa (Sulawesi), Kerajaan Sumawa (Sumbawa) dan orang-orang Arab juga ikut berperan dalam membentuk kebudayaan yang ada di Lombok.

Beginilah kira-kira potret kehidupan masyarakat Sasak asli pada masa lampau 


Semoga bermanfaat  (∩_∩) ~(‾▿‾~) ~(‾▿‾)~ (~‾▿‾)~




Komentar

  1. buat traveller pencinta pulau lombok yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you - #song #reggae #amtenar - makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer